Senin, 04 Mei 2015

Votes

DSC_0123

PRAKTEK INOKULASI PADA POHON GAHARU

SALAM GGI SUPER,

Inokulan atau Serum yang digunakan untuk menyuntik Pohon gaharu sangat diperlukan agar pohon gaharu yang ditanam oleh petani dapat berisi resin sehingga kedepannya memiliki nilai jual/nilai ekonomi yang tinggi. Sebelum saya uraikan sedikit tentang serum/inokulan pohon gaharu ada beberapa istilah yang perlu kita ketahui, agar pemahaman tentang apa itu yang dimaksud dengan inokulasi dapat tercapai dengan baik.
Inokulan/serum , Adalah sejenis bahan/zat yang bisa berbentuk cairan/gel/padat. dimana bahan inokulan ini ada yang terbuat dari bahan organik maupun kimia. Merk maupun jenis inokulan yang beredar dipasaran sangat banyak ragam dan jenisnya. Dimana masing-masing produsen mengaku/menyatakan bahwa inokulan mereka adalah yang terbaik dan terhebat dalam menghasilkan resin pada pohon gaharu.
 
Resin Gaharu , Resin Gaharu adalah semacam anti body yang dikeluarkan oleh pohon gaharu yang memiliki warna beragam (mulai dari hitam keputihan, kuning, coklat, coklat kehitaman, Hitam, Hitam padat dan pekat) dan resin ini juga memiliki tingkatan kedalaman aroma yang berbeda antara tingkatan aroma resin yang memiliki grade/mutu terendah hingga grade/mutu yang tinggi.
Jadi pada saat pohon gaharu mendapatkan perlakuan, dimana ada serum/inokulan yang masuk ke dalam batang/dahan/akar/cabang-cabang utama pada batang pohon. Maka pohon gaharu akan mengeluarkan semacam antibodi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. (Kalau pada tubuh manusia semacam sel darah putih).
 
Resin yang dikeluarkan oleh pohon gaharu bisa berada pada : Akar, Dalam batang, Cabang/dahan kayu, pada posisi mata-mata yang muncul di batang pohon.
Resin akan memiliki kwalitas baik apabila pohon gaharu menghasilkan resin secara terus menerus dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama (antara 3 s/d 16 tahun). Semakin masak resin yang berada pada pohon gaharu maka resin yang dihasilkan pada saat panen juga semakin memiliki kwalitas dan nilai jual yang tinggi.
 
Grade Mutu Gaharu , adalah sebuah system atau cara mengelompokan jenis-jenis resin gaharu sesuai dengan tingkatan mutu dan nilai jualnya, karena hasil panen sebatang pohon gaharu dapat menghasilkan resin dengan berbagai tingkatan mutu/kelas yang berbeda-beda. Semakin banyak grade mutu tinggi yang dihasilkan oleh sebatang pohon gaharu, maka semakin tinggi nilai jual pohon gaharu tersebut.
 
SMG KT-GGI ,   adalah kepanjangan dari Standart Mutu Gaharu Kelompok Tani “Gubal Gaharu Indonesia” . SMG KT-GGI di keluarkan oleh pengurus pusat KT-GGI pada tanggal 18 Januari 2012. Dimana dengan di keluarkannya SMG KT-GGI ini dapat menjadi acuan anggota tani kt-ggi maupun petani gaharu lainnya dalam menentukan mutu gaharu yang dihasilkannya dan memperkirakan nilai jual masing-masing grade mutu sesuai dengan tingkatannya.
 
KT-GGI dalam mengeluarkan SMG ini melampirkan perkiraan harga beli yang bisa digunakan sebagai gambaran harga, dan insya allah akan di update setiap tahunnya sesuai dengan perkembangan harga pasar. Untuk diketahui harga yang kami cantumkan dalam SMG KT-GGI Januari 2012 ini TIDAK BERSIFAT ABSOLUT, bisa naik dan turun. karena dipengaruhi oleh banyak faktor.
 
Pekerjaan Inokulasi, adalah pekerjaan yang dilakukan pada batang pohon gaharu dengan memberikan suntikan/mengisikan bahan-bahan inokulan ke dalam batang/cabang/dahan/akar atau tempat-tempat pada pohon gaharu yang dipandang perlu untuk diberikan serum/inokulan gaharu sehingga pada bagian tersebut akan menghasilkan resin sesuai dengan harapan petani gaharu.
PERLU DI INGAT : Pekerjaan ini tidak boleh dilakukan dengan cara-cara sembarangan saja tanpa ada tuntunan/bimbingan dari ahlinya karena dapat merugikan petani gaharu itu sendiri, bila kelak hasilnya tidak memuaskan.
 
Itu tadi penjelasan singkat tentang bahan inokulasi. Penjelasa lengkapnya akan anda dapatkan secara gratis, bila petani gaharu tergabung di dalam kelompok tani Gubal Gaharu Indonesia.
 

BAGAIMANA MENDAPATKAN SERUM/INOKULAN ?

DSC_0065
Serum atau bahan inokulan banyak di jual bebas di pasaran, baik yang import dari luar negeri maupun produksi lokal, baik yang diproduksi oleh seorang Profesor maupun oleh Petani gaharu itu sendiri. PILIHAN MANA YANG AKAN ANDA GUNAKAN ?  Terletak di TANGAN ANDA SENDIRI !

PILIHAN ADA DITANGAN ANDA !!!

3 HAL YANG PERLU ANDA TANYAKAN SEBELUM MEMBELI SERUM :

  1. Apakah PENJUAL SERUM JUGA melakukan/menanam pohon gaharu ?
  2. Apakah PENJUAL SERUM JUGA melakukan Jual/Beli hasil panen pohon gaharu ?
  3. Apakah PENJUAL SERUM JUGA memiliki produk-produk turunan dari hasil panen gaharu ?
Bila salah satu saja dari 3 pertanyaan diatas SI PENJUAL Serum tidak memilikinya , maka saran saya sebaiknya anda urungkan niat anda untuk melakukan Inokulasi/pembelian serum kepada orang tersebut !.  Mengaku Seorang Profesor pun SI penjual perlu anda pertanyakan ?
Salam Hormat saya untuk Petani Gaharu,
Glone Muhammad
 

“Order Serum/Inokulan”

KEMBALI KE HALAMAN INOKULASI !

SAM_5562
ADRESS-KTGGI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar