Sabtu, 09 Mei 2015

PENGOLAHAN ANEKA PRODUCK GAHARU

PENGOLAHAN ANEKA PRODUK GAHARU
Beberapa cara pemanfaatan gaharu dalam industri antara lain:
1. Pembuatan Minyak Gaharu: Bahan baku yang dipakai adalah jenis kemedangan. a. Giling halus bahan kayu gaharu berbentuk Chips b. Rendam ± 7 hari c. Destilasi sehingga di peroleh minyak gaharu kwalitas pertama d. Serbuk gaharu yang sudah didestilasi, jemur kembali e. Destilasi ulang sehingga didapat sulingan II sampai III kali penyulingan yang masing-masing hasil penyulingan berbeda kwalitasnya.
2. Pembuatan Cindra Mata: Bahan berupa kemedangan tua ke atas diukir dan dibubut untuk dijadikan berbagai macam cindra mata antara lain pulpen, tasbih, dan gantungan kunci.
3. Pembuatan Dupa (makmul) dan Hio: a. Campur bahan gaharu kemedangan bawah/serbuk hasil sulingan/ekstrak dengan abu lengket. b. Tambahkan air c. Cetak dan jemur/dioven d. Masukkan aroma â“ aroma sesuai dengan yang dikehendaki ( ada juga produsen yang memakai serbuk kayu Jelutung dan sejenisnya dicampur dengan serbuk gaharu dengan cara yang sama)
4. Penggunaan dalam Campuran Kosmetik Pada umumnya yang dibuat campuran dalam kosmetik adalah air sisa sulingan yang berada di dalam tangki, berguna untuk menghaluskan dan menyegarkan kulit.
5. Dalam industri Obat â“ obatan: a. Bahan yang biasa digunakan untuk industri obat-obatan adalah kulit kayu dan daun gaharu yang telah kering. Kadang-kadang serbuk gaharu digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan rokok atau dipakai diHoggah (Alat rokok di Arab). b. Jenis gaharu yang bagus dapat direndam dengan air panas setelah dingin, disaring kemudian diminum. c. Manfaatnya untuk obat: - Darah tinggi - Sesak nafas (ashma) - Jantung - Untuk mandi uap sebagai penyegaran kulit dan vitalitas
6. Gaharu Buatan (Gaharu Hitam) a. Bahan dari kemedangan bawah atau kayu lain yang mirip gaharu misalnya kayu Jelutung/lamik dibentuk menyerupai bentuk gaharu alami. b. Masukkan ekstrak gaharu dengan cara penekanan & pemanasan sehingga berwarna hitam kecoklatan & beraroma gaharu tergantung dari ekstrak gaharu asal misalnya dari Irian atau Kalimantan.
7. Pembuatan ekstrak gaharu a. Bahan dari kayu gaharu jenis Tanggung C dibuat serbuk b. Direndam dengan pelarut 1: 6 c. Diaduk ± 24 jam dan dibiarkan d. Diambil cairan pelarutnya & sisa ampasnya diperas sehingga kering e. Campuran pelarut & ekstrak didestilasi f. Diperoleh ekstrak kental/kristal (hasil ekstrak bisa dijadikan campuran rokok atau diekspor dengan harga Rp. 1.500.000,- s/d 2.500.000,-/kg) PROSES PEMBUATAN MINYAK GAHARU PENGGILINGAN BAHAN DIRENDAM ± 7 HARI MINYAK & AIR TERPISAH PENYULINGAN DENGAN SISTEM STEAM, REBUS, ATAU KUKUS PEMBUATAN MAKMUL PEMBUATAN GAHARU HITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar