Senin, 04 Mei 2015

Kenali lebih dekat, jenis gaharu berdasarkan daun

Beberapa gambar jenis daun gaharu berikut ini adalah hasil dokumentasi tim GSK. Ada banyak ragam jenis daun gaharu yang tumbuh dialam maupun budidaya, berikut ini merupakan gambar bentuk-bentuk daun gaharu yang GSK identifikasi morfologinya.

A. agalloccha roxb
Survey GSK memang membuktikan bahwa dihutan kalimantan sepertinya didominasi oleh gaharu dari genus Aquilaria. Beberapa yang paling sering ditemukan yaitu jenis dari Aquilaria Microcarpa, Aquilaria Malaccensis dan Aquilaria Beccariana. Untuk menentukan jenis gaharu dapat dilihat dari beragam aspek, misalnya saja ciri morfologis, lokasi penyebaran, sifat fisik gaharu, bahkan dapat diidentifikasi juga berdasarkan nama daerah. Pada umumnya, jenis ini memiliki ketinggian batang mencapai 35 s/d 40 Meter. Jenis Aquilaria malaccensis memiliki diameter rata-rata sekitar 60 cm dengan ketinggian mencapai 40 mtr.  Secara fisik, jenis-jenis dari Aquilaria biasanya ditandai dengan bentuk kulit batang yang licin, kulit batang juga memiliki warna keputih-putihan, daging kayu lebih keras dibanding jenis gaharu lainya. Aquilaria berdasarkan bentuk daun biasanya dicirikan dengan bentuk daun yang meruncing pada bagian ujung daun, tampak mengkilap jika terkena cahaya matahari. Buah jenis Aqularia spp berbentuk bulat telur, memiliki panjang sekitar 3 s/d 5 cm dengan kulit tertutup oleh bulu halus kemerahan. Beberapa jenis dari Aquilaria antara lain adalah A.malaccensis, A. filarial, A. hirta, A. microcarpa, A. agallocha roxb, A. beccariana, A.secundana, A. moszkowskii, A. tomentosa. Berikut ini contoh gambar jenis gaharuberdasarkan sumber dokumentasi GSK :

A. microcarpa
A. beccariana

Gryinops versteegii

Gonystylus bancanus
Jenis Gonystylus bancanus pada umumnya tersebar didaerah Bangka belitung, sumatera, dan kalimantan. Dicirikan dengan tinggi batang yang dapat mencapai 45 mtr, dengan diameter hingga 120 cm. Jenis Gonystylus bancanus ternyata memiliki akar napas, berdaun tunggal memiliki ujung daun yang runcing, dengan warna daun yang hijau kehitaman.




W. Tenuriamis
Jenis dari Wiekstroemia spp kebanyakan termasuk kedalam jenis gaharu berupa pohon semak, umumnya memiliki rata-rata tinggi sekitar 7 mtr, dengan diameter kira-kira 7.5 cm. Ciri khas pada batang Wiekstroemia spp biasanya dapat dilihat dari warna ranting yang kemerahan atau kecoklatan. Daun berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang dan lebar melebihi ukuran daun gaharu pada umumya dengan kisaran panjang sekitar 7 - 12 cm, dan lebar 4 cm.
W. Androsaemofilia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar