Senin, 04 Mei 2015

TENTANG SRI FARM

Apa itu SRI FARM ?
SriSRI FARM adalah perusahaan yang fokus di bidang penanaman KAYU ATAU HUTAN JABON sejak usaha ini diawali dari perhatian yang tinggi dari para pendirinya terhadap pelestarian alam dan pemberdayaannya yang dapat memberikan nilai ekonomis yang tinggi. Tanah-tanah yang kurang produktif dicoba ditanami bibit jabon yang dikembangkan dengan cara pemuliaan tanaman sehingga menjadi lebih baik kualitasnya. Bekerjasama dengan tenaga-tenaga kehutanan lapangan, dilakukan perawatan yang tekun bersama para penduduk sekitar, dengan merumuskan pupuk-pupuk yang cocok bagi tanaman yang dikelola. Hasilnya sangat luar biasa. Tidak saja tanaman tersebut tinggi kualitasnya, tingkat kegagalannya juga kecil sekali, dan nilai jualnya sangat tinggi yang dapat memberikan kesejahteraan bagi pemiliknya, sekaligus menghidupi masyarakat sekitar. SRI FARM terus meningkatkan penelitiannya dengan perusahaan bibit terpercaya. Saat ini SRI FARM mengelola lebih dari 1500 HEKTAR hutan jabon di sulawesi barat dan tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan juga di daerah lsin di Indonesia .SRI FARM bukan perusahaan investasi. Tetapi pengelola hutan tanaman rakyat yang dapat membantu individu meraih kentungan ekonomis dari program pengembangan lahan menggunakan pola aforestasi dan pembagian hasil pada saat panen nantinya. SRI FARM Mengadopsi konsep TRI HITA KARANA yaitu recovery dan pelestarian alam sebagai wujud bakti kita terhadap Ciptaan Tuhan ,pemberdayaan masyarakat , dan pemanfaatan hutan tanaman rakyat yang berkelanjutan sehingga memberikan benefit ekonomi yang besar .
 Apa itu Jabon 
Pohon Jabon yang dalam bahasa latin ( Anthocephalus cadamba) merupakan jenis kayu daun lebar ringan dengan sifat kayu keras, berwana putih krem hingga kekuningan.Jenis pohon ini pada usia 5 sampai 6 tahun mempunyai lingkar batang sebesar 40 – 50 cm dengan bebas cabang mencapai 60 % dari tinggi pohon. Sehingga tanaman jabon dapat dipanen saat usia tersebut. ,Merupakan salah satu jenis kayu / pohon yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis , keunggulan tanaman jabon dapat diuraikan dari beberapa kriteria, diantaranya sebagai berikut : daunnya tidak disukai ternak, sehingga tidak perlu khawatir terjadi pencurian daun, daun jabon akan rontok sendiri, itu akan membuat kayu jabon lurus rata ke atas tidak ada benjolan seperti sebutkan di atas, tidak dihinggapi tumor karat. Kayu jabon juga lebih banyak manfaatnya dibanding kayu sengon, lebih banyak diserap oleh banyak industri diantaranya kayu lapis, industri meubel, Tripleks, pulp, Papan, produsen peti buah, Alas sepatu, mainan anak-anak dan korek api. perawatan lebih mudah, dapat bertumbuh di berbagai jenis tanah seperti; tanah liat, tanah lempung atau pun tanah berbatu, pertumbuhan lebih cepat dan siap panen di umur 4 tahun ataupun 5 tahun .Pertumbuhan pohon jabon sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya :
 Mengapa Investasi Perkebunan Kayu ?
Karena kebutuhan bahan baku kayu selalu lebih tinggi dari ketersediaannya.Harga kayu selalu meningkat setiap tahunnya.Karena dengan menanam pohon, kita dapat berkontribusi dalam melestarikan alam. 
Bagaimana jika produk paket jabon ini booming tetapi lahannya habis?
Sama halnya jika sebuah pabrik kehabisan bahan baku maka SRI FARM pun ketika lahan habis produk ini sudah tidak dapat dijual lagi dan itulah sebabnya sekarang adalah saat yang tepat untuk bergabung karena lahan masih tersedia.
Bagaimana jika satu lahan/tanah yang sama oleh SRI FARM dijual ke beberapa orang (double sertifikat, seperti kasus-kasus yang pernah terjadi pada bisnis investasi bodong)?
 Semua pemilik lahan dan pohon bisa mengecek langsung ke lokasi dan bisa melihat seluruh lahan dengan masing-masing nama pemiliknya dari sejak awal sampai dengan pencetakan sertifikat terakhir dan pemilik per lahannya tetap satu dan tidak pernah berubah.
Apakah SRI FARM sudah terdaftar di departemen keuangan sebagai pengelola dana masyarakat ?
 SRI FARM bukan lembaga pengelola investasi melainkan sebagai penyedia lahan dan bibit jabon. Sama halnya dengan developer perumahan, nasabah berinvestasi di rumah dan tanah yang dia beli sedangkan developer bertugas membangun dan menyelesaikan legalitas rumah dan tanah tersebut. Begitu pun SRI FARM, Mirtra berinvestasi pada pohon yang dia tanam di lahan yang sudah dibeli , kerja sama pengelolaan selama 10 tahun dan SRI FARM adalah penyedia lahan dan bibitnya dengan fasilitas:- pencarian lahan yang sesuai- pengurusan legalitas- penanaman dan pemeliharaan sampai dengan 10 tahun- garansi dan manajemen risiko untuk setiap pohon- laporan perkembangan pohon;- pendampingan tenaga ahli.Ibaratnya jika Anda membeli mobil atau peralatan elektronik biasanya penjual mem-berikan beberapa fasilitas seperti gratis penggantian oli, gratis Service, garansi mesin, dan sebagainya. SRI FARM juga memberikan fasilitas tersebut untuk tanah dan bibit jabon yang dijual.
Bagaimana jika suatu saat SRI FARM mengalami pailit/bangkrut ?
 Kepailitan biasanya terjadi jika sebuah usaha tidak mendapatkan penjualan yang baik atau produk yang dijual tidak menguntungkan untuk usaha tersebut. Dalam hal ini, risiko tersebut dapat terjadi pada usaha apa pun. Akan tetapi, jika Anda sudah memiliki tanah atas nama sendiri dan pohon Anda sudah ditanam maka jika SRI FARM pailit, Anda tetap berhak atas lahan tersebut beserta pohon yang tertanam di lahan tersebut. Sama halnya, jika Anda membeli rumah di sebuah perumahan, meskipun developer bangkrut rumahnya tetap menjadi milik Anda.
Bagaimana kemungkinan jika SRI FARM melarikan diri ?
 SRI FARM tidak mengelola dan menyimpan dana mitra melainkan menjual lahan ,bibit dan menanamnya sehingga mayoritas aset SRI FARM tidak berbentuk uang seperti halnya lembaga-lembaga investasi/keuangan. Dengan demikian tidak memungkinkan SRI FARM untuk melarikan diri membawa bibit/pohon yang masih baru ditanam.
Apakah sanggup SRI FARM memelihara pohon jabon hingga 10 tahun atau 2 kali masa panen ?
 Pohon jabon memiliki karakteristik tanaman hutan yang kita ketahui bersama bahwa hutan selama ini tidak ada yang merawat tetapi masih bisa tumbuh pesat. Pohon jabon memiliki masa kritis pada tahun pertama setelah penanaman. Setelah pohon jabon itu sudah menjadi kayu maka kemungkinan mati sangat kecil dan perawatannya sangat mudah. Apalagi sudah mencapai usia 3 tahun ke atas biasanya dibiarkan saja sudah bisa hidup. Untuk panen ke-2 tidak memerlukan perawatan seperti waktu penanaman pertama karena akarnya sudah besar dan kuat. Ketika pohon ditebang pada panen pertama, secara alamiah akar pohon jabon dapat menumbuhkan tunas kembali yang disupport oleh akar yang sudah besar dan kuat sehingga tidak memerlukan biaya perawatan lagi.
Bagaimana SRI FARM dapat mengatasi risiko-risiko yang menjadi garansi di perjanjian ?
 SRI FARM secara konsisten terus menambah jumlah pohon cadangan sehingga jika terjadi risiko pada pohon mitra penanam, SRI FARM akan mengganti dengan pohon cadangan yang dimiliki. Ibarat Bank keamanan bank tersebut ditentukan oleh CAR (…………) artinya jika seluruh nasabah menarik dananya dari bank tersebut, bank tersebut masih memiliki cadangan modal untuk bisa beroperasi. Sama halnya dengan asuransi, keamanan perusahaan asuransi ditentukan oleh RBC (Risk Base Capital) sehingga jika seluruh nasabah melakukan claim, perusahaan asuransi masih memiliki sisa modal untuk beroperasi. Keamanan SRI FARM ditentukan berapa banyak pohon cadangan yang dimiliki. SRI FARM memperbanyak pohon cadangan dengan 2 cara, yaitu:1. Dengan menanam sendiri pohon cadangan bersamaan dengan pohon mitra penanam;2. Mengakuisisi pohon jabon yang sudah ditanam oleh petani, biasanya sudah berusia 2-3 tahun (sudah kuat dan survive).
 Bagaimana penjualan hasil panen pohon ?
Saat ini kebutuhan kayu nasional baru tercukupi ± 50% bahkan untuk mencukupi kebutuhan satu pabrik skala besar, paling tidak dibutuhkan 70.000 hektar pohon jabon. Padahal dalam 1 tahun kedepan pemasaran produk SRI FARM, mungkin menghasilkan hanya ±500-1000 hektar saja. SRI FARM memiliki puluhan mitra industri baik skala kecil maupun skala besar sehingga diprediksi penjualan kayu jabon tidak mengalami kendala dan prospeknya masih besar.
Bagaimana jika harga kayu jatuh/turun ?
 Harga kayu ditentukan oleh pasar, SRI FARM tidak dapat memberikan jaminan harga. Akan tetapi, sepanjang sejarah harga kayu tidak pernah turun karena untuk mendapatkan 1 kubik kayu dibutuhkan 5-6 tahun sedangkan mengolah 1 kubik kayu hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Perbedaan inilah yang menyebabkan permintaan dan supply kayu tidak pernah seimbang sehingga akibatnya harga kayu tidak pernah turun bahkan cenderung naik. Apalagi saat ini kebijakan lingkungan semakin melindungi hutan alam sehingga supply kayu semakin sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar