Kamis, 14 Mei 2015

Proses Inokulasi Gaharu Dengan Jamur Trichoderma

PROSES INOKULASI
Inokulasi adalah pembuatan pelukaan dan memberikan bahan pemicu produksi resin gaharu seperti cendawan dan bahan lainnya. Inokulasi ini salah satu hal yang sangat penting dalam usaha gaharu. Karena resin gaharu sangat tidak mudah terjadi secara alami, sehingga perlu campur tangan manusia seperti dengan Cendawaan yang biasa diinokulasi seperti jenis :
Trichoderma sp,.Fusarium sp., Phialopora parasitica, Torula sp., Aspergillus sp.,  Penicillium sp., Cladosporium sp., Epicoccum granulatum, Clymndrocladium sp., Sphaeropsis sp., Batryodiplodia theobromae,. Phomopsis sp., Chunninghamella echinulata.
Proses inokulasi dapat dilakukan dengan beberapa teknik sebagai berikut
1. Pemakuan
Proses ini adalah proses yang dilakukan secara tradisional. Proses ini membutuhkan biaya yang cukupp banyak,  karena memakai paku  dalam pembuatan lubang  atau pelukaan. Kita bisa bayangkan berapa kilo paku yang dibutuhkan dalam pemakuan tersebut tidak bisa maksimal untuk menghasilkan gubal. Karena hanya di area paku itu saja yang terinfeksi
2. Penyuntikan
Proses ini proses yang lebih baik proses pemakuan dan hasil dari penelitian dibidang gaharu. Karena proses ini dapat menghasilkan gubal hamper seluruh pohon atau batang. Proses ini membutuhkan serum yang berasal dari jamur dan pohon cendawan yang dimasukkan dengan cara pembuatan lubang di beberapa titik batang.
3. Insulin
Proses ini sama dengan proses penyuntikan. Menggunakan jamur dan cendawan sebagai pemnmicu terjadinya gubal. Prosesnya pun hamper sama dengan penyuntikan tetapi berbeda dalam pemasukan sereumnya. Di proses ini pembuatan lubang dilakukan dibagian bawah atau atas pohon, kemudian serum tersebut digantungkan seperti infuse. Proses pertumbuhan pohon akan membawa serum menjalar ke seluruh bagian pohon.
4. Vaksin
Vaksin adalah generasi baru dari inoklasi yang memicu terjadinya gubal pada pohon gaharu. Vaksin ini dilakukan dengan cara metode pasak.
Beberapa ini contoh beberapa penerapan inokulasi :
image
image
Bagi anda pembudidaya pohon gaharu, kami meyediakan metode teknik membuat isolat Trichoderma padat dan Trichoderma Cair sebagai inokulan pembentuk resin pada gubal gaharu. Lihat selengkapnya : KLIK DISINI
Metode membuat inokulan yang kami kembangkan ini juga bisa di gunakan untuk metode pembuatan inokulan mikroba / jamur selain Trichoderma sp yang berpotensi membentuk gubal gaharu. Silahkan anda coba praktekkan. Untuk mendapat jenis inokulan yang sesuia dan cocok, sebaiknya anda mengisolat mikroba dari pohon gaharu yang telah membentuk gubal gaharu. Metode yang dipakai yaitu dengan memotong sedikit gubal gaharu dipohon gaharu, lalu mencoba mengisolatkannya ke media seperti kami jelaskan di langkah ini : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar