Senin, 04 Mei 2015

Pengenalan Pohon Gaharu, Serta Prospeknya Untuk Pasar

Saya akan sedikit berbagi informasi tentang gaharu dan bagaimana prospeknya bagi anda yang mungkin punya kebun gaharu sendiri. Sebenarnya diluar sana banyak sekali buku-buku atau artikel yang bisa anda dapatkan kalau hanya untuk mencari informasi secara garis besar tentang, mengenai, dan seperti apa pohon gaharu atau mungkin aja ada diantara kita yang sudah memiliki kebun kemudian bingung cara memasarkan/menjual hasil panen gaharunya. Mungkin postingan saya kali
ini bisa menjadi acuan, meskipun sebenarnya saya sendiri sebenarnya juga masih dalam tahap belajar mengenal pohon gaharu.

Secara umum, dipasar internasional gaharu dikenal dengan nama pasar yaitueaglewood, agarwood, aloewood. Inilah nama-nama umum yang sudah familiar dipasar eropa. Mungkin yang perlu anda ketahui adalah bahwa gaharu merupakan bahan baku wewangian yang paling dicari dipasar internasional. Hal ini dipengaruhi juga dari sektor kedokteran, dimana paradigma dunia tentang pengobatan back to nature mulai berkembang. Para ahli kedokteran menambahkan gaharu kedalam bahan baku obat yang penting mengingat manfaat kandungan resin yang ada didalam satu pohon gaharu memiliki banyak fungsi yang luar biasa.

Inokulan Stick
Gaharu bukan pohon magis, gaharu dapat anda budidaya dan kembangbiakan. Dulu orang-orang mencari gaharu dengan berburu memasuki hutan, kemudian menebang setiap pohon gaharu yang kira-kira sudah mengandung isi gubal. Hal itu terjadi, karena permintaan pasar yang banyak dan tidak terpenuhi kuota permintanya. Ditambah lagi harga gaharu yang begitu mengiurkan, sehingga mempengaruhi orang untuk berburu dan mencari setiap batang gaharu yang berpotensi sudah mengandung gubal. Inovasi dibidang budidaya gaharu mulai berkembang beberapa tahun terakhir ini. Ternyata pembentukan gubal gaharu dapat di rekayasa dengan teknik inokulasi/induksi mengunakan cairan inokulan.  Teknik ini akan sangat efektif untuk mempercepat proses pembentukan gaharu dibanding dengan menunggu hasil pembentukan dari alam. Untuk gaharu budidaya, anda bisa mulai untuk melakukan inokulasi kira-kira saat usia tanaman sudah mencapai tiga s/d empat tahun. Tergantung kondisi pertumbuhan batang seperti apa dan juga dengan melihat tingkat kesuburan pada tanah. Terkadang, ada beberapa pohon gaharu yang berusia tiga tahun ternyata kondisi kelayakan batang untuk diinokulasi lebih baik dibanding gaharu yang berusia empat tahun. Jika memang anda sudah menanam gaharu artinya anda sudah berinvestasi sejumlah uang yang nilainya tidak akan meragukan, apalagi hasil panen yang anda dapatkan bisa maksimal. coba saja anda menanam 100 btggaharu, yang mana nilai minimal hasil penjualan gaharu kelas medang perpohon misalnya saja Rp. 1.000.000. Maka anda akan memperoleh 1.000.000 x 100 btg = Rp. 100.000.000. Ini hanya nilai minimal saja yang saya sampel, sementara nilai jual gaharu untuk kelas A mencapai 75.000.000 / kg. Coba saja anda bisa mendapatkan kelas Medang atau kelas C disetiap batang berapa keuntungan yang anda dapatkan untuk satu pohon gaharu ??? Insyallah ini bisa terwujud, selama kita yakin semua tidak akan menjadi sia-sia.

Minyak Asiri Hasil Penyulingan GSK
Anda bisa melakukan inokulasi sendiri yaitu dengan membeli inokulan sebagai bahan utama yang diperlukan saat proses inokulasi. Jika anda ragu, anda bisa mencari jasa inokulasi yang biasanya menawarkan beragam pilihan kerjasama. Disini, Gaharu Super Kalbar juga siap menjadi partner anda, untuk menginokulasi atau bekerjasama dalam perihal budidaya gaharu. Anda tidak perlu dipusingkan untuk mencari calon pembeli, karena Kelompok usaha tani Gaharu Super Kalbar sudah memiliki jaringan pembeli dari luar negeri. Baik itu berupa pembeli gubal, atau pembeli minyak asiri. Gaharu Super Kalbar telah banyak melakukan inokulasi dan inovasi dibidang ini untuk memberikan nilai lebih KUT ini. Belajar dari pakar gaharu ternama di Bogor, kini KUT GSK telah berkembang pesat. Beberapa hasil inokulasi telah tampak dibeberapa daerah yang kami kembangkan, dan sebagian dari hasil inokulasi telah diolah untuk dijadikan minyak Asiri. Semoga semakin sukses untuk Gaharu Super Kalbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar